Selasa, 16 November 2010

Tugas Softskill 2 - CIM (Corporate Information Management)

Pada penulisan kali ini akan membahas mengenai CIM dimana CIM tersebut adalah singkatan dari Corporate Information Management yang memiliki arti dalam bahasa indonesia yaitu sebagai Sistem Informasi Perusahaan. Dimana pengertian dari SIM  tersebut yaitu pengeluaran suatu modal yang besar dan harus dievaluasi dengan cara yang sama  seperti investasi besar lain yang akan dilakukan oleh suatu perusahaan. Dan sebuah perusahaan pasti membutuhkan suatu manajemen informasi yang dilakukan untuk menyediakan informasi yang dibutuhkan dalam suatu perusahaan. Dan saat kita mengembangkan strategi manajemen informasi dalam suatu perusahaan maka kita dapat gunakan untuk mempertimbangkan suatu kebutuhan informasi yang terdapat tiga tingkat yang didapat dari situs http://www.steptwo.com.au/papers/cmb_threelevels/index.html yaitu :
·           Perusahaan
·           tim, divisi, unit bisnis, dll
·           individu

Kebutuhan dari masing-masing tiga tingkatan harus dipenuhi jika solusi yang terkoordinasi dan efektif harus dipertahankan dalam jangka panjang. Dalam suatu perusahaan kita memiliki suatu tugas terpenting dari sebuah manajemen yaitu kita dapat membantu dalam melakukan analisis untuk pengambilan sebuah keputusan, baik dalam mengatasi persoalan maupun dalam mengambil peluang penting dalam perusahaan. Dan dari artikel yang saya lihat http://ariesre.wordpress.com/2010/11/01/corporate-information-management/ menurut Herbert A. Simon terdapat 3 tahap pokok yang digunakan untuk menunjang dalam pengambilan suatu keputusan, yaitu :
·           Penyelidikan, dalam hal ini manajer melakukan suatu hal atau mempelajari hal yang berada di lingkungan berdasarkan suatu kondisi yang dibutuhkan untuk membuat suatu keputusan yang akan digunakan. Saat data yang masih mentah tersebut kita melakukan suatu pengujian agar dapat dijadikan sebagai petunjuk yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi suatu permasalahan.
·           Perancangan, dalam hal ini manajer membuat suatu daftar yang daftar tersebut dikembangkan dan dilakukan suatu analisis terhadap arah suatu tindakan yang mungkin akan terjadi. Hal tersebut dapat meliputi beberapa proses untuk bisa memahami suatu persoalan, untuk menghasilkan suatu pemecahan persoalan, dan untuk menguji kelayakan pada pemecahan tersebut.
·           Pemilihan, dalam hal ini manajer harus memilih arah dalam suatu tindakan yang harus dipilih dari semua kemungkinan yang ada yang dapat dipilih. Dan setelah memilih kemungkinan yang ada maka harus dapat melaksanakannya.

Hasil dari pengambilan keputusan yang diambil oleh suatu perusahaan sebaiknya dapat berpengaruh baik bagi perusahaan itu dan bisa menghindari terjadi suatu permasalahan di dalam perusahaan.

Dan dari artikel yang saya dapat (http://it.toolbox.com/blogs/enterprise-design/the-six-dimensions-of-corporate-information-management-14790) manajemen informasi perusahaan adalah proses, ada enam dimensi pada manajemen informasi perusahaan, yaitu :
·           Membuat strategi,
·           Perencanaan pasokan untuk kebutuhan informasi masa depan,
·           increasing the utility value of available information resources,
·           Meningkatkan nilai utilitas sumber daya informasi yang tersedia,
·           Menghilangkan informasi yang berlebihan,
·           Memastikan kepatuhan terhadap undang-undang,
·           Dan meningkatkan laba atas investasi di teknologi informasi,
Referensi :
  • http://www.steptwo.com.au/papers/cmb_threelevels/index.html
  • http://ariesre.wordpress.com/2010/11/01/corporate-information-management/ 
  • http://it.toolbox.com/blogs/enterprise-design/the-six-dimensions-of-corporate-information-management-14790

Minggu, 07 November 2010

JAWABAN PRE-TEST JARKOMLAN V-CLASS


Nama               : Luthfiah Fitriyana
Npm                : 50407513
Kelas               : 4IA13
diketahui :
*Sebuah Gedung 5 lantai
*IP Lokal 200.0.1.0/24
*IP Lokal 200.0.2.0/24
*Kebutuhan perlantai :
# 11 PC untuk Accountung Staff
# 3 PC untuk Ruang Server
# 7 PC untuk IT Staff
# 28 PC untuk Operatinal Staff
# 30 PC untuk CS Staff
1. RANCANGLAH NETWORK SKEMANYA
2. SUBNET SESUAI KEBUTUHAN
TULISKAN SUBNET DALAM TABEL



Rabu, 03 November 2010

Subnetting Kelas C


Menangani kasus subnetting, biasanya berpusat pada 5 bagian, yaitu Jumlah Subnet, Jumlah Host Per Subnet, Blok Subnet, Subnet ID, Broadcast ID. Dari kasus diatas, kita harus mencari nilai x atau yang disebut sebagai mask bits. Mask bits ini bernilai 1 yaitu banyaknya nilai 1 biner pada oktet terakhir subnetmask suatu IP Address. Kemudian kita juga harus mencari nilai y yaitu banyaknya nilai 0 pada oktet terakhir subnetmask suatu IP Address.
  1. Mencari Jumlah Subnet.
    Jumlah subnet dapat dihitung dengan rumus 2x.
    Nilai x adalah 3 (ini lho yang ada garis bawahnya “1111111.11111111.11111111.11100000”)
    Jadi jumlah subnet sesuai dengan rumus tersebut adalah 23 = 8 subnet.
  2. Mencari Jumlah Host Per Subnet.
    Jumlah Host per Subnet, dapat dihitung dengan rumus 2y-2.
    Nilai y adalah 5 (ini lho yang ada garis bawahnya “1111111.11111111.11111111.11100000”)\
    Jadi Jumlah Host Per Subnet, jika dihitung dengan rumus diatas adalah 25-2 = 30 Host Per Subnet.
  3. Jumlah Blok Subnet.
    Jumlah Blok Subnet dihitung dengan 256 – 224 = 32.
    Nilai 256 didapat dari mengkonfersi bilangan biner menjadi bilangan desimal. Bilangan biner mana yang dikonversi? Bilangan biner yang akan dikonversi adalah bilangan biner yang membentuk oktet pada IP Address, hanya saja bilangan biner tersebut harus diberi nilai maksimal, yaitu nilai 1. Karena dalam 1 oktet terdapat 8 bit bilangan biner, maka sesuai dengan kaidah diatas, semua bit akan diisi dengan angka 1. kemudian dikonversi menjadi bilangan desimal.
    Kalau Nilai 224, dari mana pak? Ooooo itu ya… sebenarnya sama saja, hanya saja nilai 224 itu didapat dari oktet terakhir subnetmask. Coba lihat, subnetmask yang dibentuk dari /27 yang dijadikan bilangan biner semua. Ini dia “1111111.11111111.11111111.11100000” nah, disini dapat saya jabarkan bahwa pada barisan tersebut (yang saya kasih tebal dan garis bawah). Nilai itu jika dikonversi menjadi bilangan desimal akan bernilai 224.
Jadi, blok subnet selanjutnya adalah kelipatan dari 32. Blok Subnet lengkapnya adalah sebagai berikut 0, 32, 64, 96, 128, 160, 192, 224
  1. Subnet ID dan Broadcast ID jadinya seperti ini
    Buat dulu tabelnya berdasarkan blok subnet yang ada :
Subnet
Host Awal
Host Akhir
Broadcast
192.168.0.0
192.168.0.1
192.168.0.30
192.168.0.31
192.168.0.32
192.168.0.33
192.168.0.62
192.168.0.63
192.168.0.64
192.168.0.65
192.168.0.94
192.168.0.95
192.168.0.96
192.168.0.97
192.168.0.126
192.168.0.127
192.168.0.128
192.168.0.129
192.168.0.158
192.168.0.159
192.168.0.160
192.168.0.161
192.168.0.190
192.168.0.191
192.168.0.192
192.168.0.193
192.168.0.222
192.168.0.223
192.168.0.224
192.168.0.225
192.168.0.254
192.168.0.255

Minggu, 17 Oktober 2010

Jaringan Komputer Lanjut


Dalam menghadapi era global dan memasuki pasar bebas di dunia internasional, teknologi komputer memegang peranan yang sangat penting dalam melakukan hubungan komunikasi melalui jaringan internet dan intranet secara efisien dan optimal. Dalam kenyataannya dunia pendidikan sebagai penyaji sumber daya manusia belum banyak yang mengetahui bagaimana sistem teknologi informasi dan komunikasi tersebut secara global dan menyeluruh.Dalam dunia pendidikan, video digunakan secara luas dalam sistem multimedia. Videoconferencing memungkinkan kita untuk mengadakan konfrensi jarak jauh secara visual, sehingga para peserta seolah-oleh bertemu langsung dalam suatu konferensi. Video juga merupakan komponen penting dalam distance learning, suatu metode pengajaran yang tidak lagi terikat oleh ruang.Dalam upaya memenuhi kebutuhan peralatan dan mensosialisasikan peralatan teknologi tersebut kepada masyarakat khsusnya pelajar yang kesulitan memiliki peralatan LCD proyektor, kiranya perlu diciptakan media yang paling efektif untuk memanfaatkan modul-modul yang berbasis multimedia khususnya video. Intranet video yang dikembangkan dalam bentuk sistem video/modul on demand dapat dimanfaatkan oleh masyarakat khususnya SMA yang belum mempunyai peralatan LCD proyektor sebagai penunjang proese pembelajaran di sekolah. Dengan strategi ini diharapkan pengetahuan dan teknologi informasi dan komunikasi dibeberapa sekolah/masyarakat umumnya dapat terpenuhi

Media Streaming

·           Streaming media merupakan suatu sistem yang terdiri dari komponen – komponen yang saling mendukung. Sebuah teknlogi yang dapat memungkinkan kita mengirim data audio, video dan multimedia secara real-time atau online melalui Internet.

·           Media streaming merupakan pengiriman media digital (berupa video, suara dan data) agar bisa diterima secara terus-menerus (stream). Data tersebut dikirim dari sebuah server aplikasi dan diterima serta ditampilkan secara real-time oleh aplikasi pada komputer klien Streaming suara sering juga disebut sebagai streaming media.

Teknologi ini merupakan pengembangan dari teknologi MPEG (Moving Picture Experts Group) yang diakui oleh ISO (International Standard Organization). Teknik kompresi suara menggunakan istilah coding dan decoding. Proses coding dilakukan pada sisi server (coder) sedangkan proses decoding dilakukan oleh klien (decoder). Proses coding dilakukan server untuk mengkompresi data sebelum dikirimkan ke klien melalui Internet, dan decoding dilakukan oleh klien untuk ditampilkan data tanpa kompresi. Proses kompresi dan dekompresi oleh coder dan decoder ini sering disingkat menjadi codec. Proses codec bisa dilakukan menggunakan algoritma standar MPEG.

Format Streaming

Ada tiga jenis format streaming yang banyak digunakan dalam situs-situs Internet:
·           Format Real Media (.rm/.ra/.ram)
·           Windows Media (.asf/.wmf/.asx)
·           QuickTime (.mov).

Komponen-komponen Dalam Streaming Media

·           Media source, yaitu sumber yang akan menampilkan suatu konten presentasi.
·           Media source dapat berupa sumber yang sifatnya live atau secara langsung, seperti kamera video atau microphone.

Multimadia streaming

Streaming multimedia adalah suatu teknologi yang mampu mengirimkan file audio dan video digital secara real time atau online pada jaringan komputer
·           Streaming dapat dilakukan pada bandwith dengan kecepatan rendah
·           Web master tidak perlu risau dengan bandwith
·           Web master tidak dibatasi oleh besar file
·           Hanya dapat dilihat pada saat online
·           Kualitas gambar jelek

Kendala-kendala yang dapat terjadi dalam melakukan streaming multimedia

·           Bandwidth : Bandwidth sangat berpengaruh terhadap kualitas presentasi suatu data stream. Di samping kondisi jaringan juga mempengaruhi bandwidth, hal yang perlu diperhatikan adalah ukuran data stream harus sesuai dengan kapasitas bandwidth jaringan. Untuk mengatasinya digunakan kompresi data dan penggunaan buffer.

·           Sinkronisasi dan delay : Agar media yang berbeda sampai dan dipresentasikan pada user seperti aslinya, maka media tersebut harus tersinkronisasikan sesuai dengan timeline presentasi tersebut dan delay seminimal mungkin. Adanya kerugian sinkronisasi dan delay dapat disebabkan oleh kondisi jaringan yang buruk, sehingga mengakibatkan timeline presentasi menjadi kacau.

Karakteristik Multimedia Data

·           Voluminous
·           Membutuhkan data rate tinggi dan berukuran besar
·           Real-time and Interactive
·           Membutuhkan low delay
·           Membutuhkan sinkronisasi dan interaktif


Jaringan Komputer Lanjut

Broadband

Broadband atau biasa yang dikenal dengan sebutan jalur lebar atau pita lebar ini merupakan suatu istilah dalam internet yang merupakan koneksi internet transmisi data kecepatan tinggi. Disini ada dua jenis broadband yang umum biasa digunakan, yaitu DSL dan kabel modem yang dapat mentransfer 512 kbps atau lebih, kira-kira 9 kali lebih cepat dari modem yang menggunakan kabel telepon standar. Akses pada internet dengan menggunakan broadband menjadi pasar yang tumbuh dengan cepat dalam segala bidang di awal tahun 2000-an. Broadband merujuk pada sinyal telekomunikasi yang lebih besar seperti bandwidth, dalam artian dari pada menggunakan yang lain atau sinyal biasa standar. Broadband di telekomunikasi mengacu pada metode sinyal yang mencakup atau menangani lebar kisaran yang relatif (atau band) dari frekuensi, yang dapat dibagi menjadi saluran atau sampah frekuensi.

Broadband transmission rates
Connection
Transmission Speed
DS-1 (Tier 1)
1.544 Mbit/s
2.048 Mbit/s
DS-3 (Tier 3)
44.736 Mbit/s
155.52 Mbit/s
622.08 Mbit/s
2.488 Gbit/s
9.953 Gbit/s
39.813 Gbit/s
79.6 Gbit/s
159.2 Gbit/s

Broadband atau jalur lebar sering dipanggil dengan internet kecepatan tinggi, kerena biasanya memiliki kecepatan aliran data yang tinggi. Biasanya internet memiliki hubungan dengan pelanggan dengan memiliki kecepatan sebesar 256 kbit/d (0,256Mbit/d) atau biasa disebut dengan internet jalur lebar.

Teknologi
Teknologi standar di banyak tempat adalah DSL, diikuti oleh modem kabel. Teknologi yang lebih baru untuk jalur telepon twisted pair seperti VDSL dan hubungan optik fiber. Untuk wilayah yang tidak dicakup oleh layanan kabel, banyak komunitas telah memulai memasang jaringan Wi-Fi. Pada 2006, akses Internet mobile broadband telah tersedia di tingkat konsumen di beberapa negara, menggunakan HSDPA dan EV-DO teknologi. Teknologi terbaru yang digunakan untuk stasioner akses broadband dan mobile WiMAX .

Multilinking Modem
Kira-kira dua kali lipat tingkat dial-up dapat dicapai dengan multilinking teknologi. Multiplexing invers adalah pilihan yang populer dengan beberapa pengguna akhir tinggi sebelum ISDN, DSL dan teknologi lainnya menjadi tersedia. Diamond dan vendor lainnya telah menciptakan saluran telepon dual modem dengan kemampuan ikatan. Tingkat data garis dual modem lebih cepat dari 90 kbit / s.

Internet satelit
Pada hubungan ini internet menggunakan sebuah satelit di orbit geostationary untuk meneruskan data dari perusahaan satelit ke setiap pelanggan. Internet satelit merupakan salah satu cara paling mahal untuk mendapatkan akses internet jalur lebar, namun di daerah pedesaan cara ini mungkin adalah satu-satunya pilihan selain broadband seluler. Penundaan sinyal bisa sebanyak 500 milidetik hingga 900 milidetik, yang membuat layanan ini tidak cocok untuk aplikasi yang membutuhkan waktu user. Meskipun demikian, mungkin banyak permainan untuk dimainkan, tetapi cakupannya terbatas pada strategi real-time atau turn-based game. Penyedia layanan internet beberapa satelit tidak mendukung VPN karena masalah latensi. Masalah-masalah ini hanya untuk akses email dan browsing web dasar dan dalam kebanyakan kasus nyaris tidak terlihat. Untuk satelit geostasioner tidak ada cara untuk menghilangkan masalah ini.

ISDN
ISDN adalah salah satu digital tertua metode akses broadband untuk konsumen dan bisnis untuk terhubung ke Internet. Ini adalah data telepon standar pelayanan. Tingkat dasar ISDN line (dikenal sebagai ISDN-BRI) adalah saluran ISDN dengan 2 "data" pembawa saluran (DS0 - 64 kbit / s masing-masing). Menggunakan adapter terminal ISDN, adalah mungkin untuk obligasi bersama-sama atau lebih. Saluran ISDN teknologi bonding telah digunakan untuk aplikasi video conference dan broadband transmisi data. ISDN tingkat primer, yang dikenal sebagai ISDN-PRI, adalah saluran ISDN dengan 23 saluran DS0 dan bandwidth total 1.544 kbit / s (US standard). ISDN E1 (standar Eropa) line adalah garis ISDN dengan 30 saluran DS0 dan bandwidth total 2.048 kbit / s. Karena ISDN merupakan produk telepon berbasis, banyak aspek terminologi dan fisik saluran dibagi oleh ISDN-PRI digunakan untuk layanan suara. Kebanyakan ISDN-PRI digunakan untuk komunikasi suara telepon menggunakan PBX sistem.

ISP tanpa kabel
Pada koneksi ini biasanya menggunakan sistem radio Wi-Fi IEEE 802.11 untuk menghubungkan titik yang berjauhan, tetapi juga dapat menggunakan sistem komunikasi radio tenaga-tinggi lainnya. 802.11b Tradisional ini dilisensikan untuk layanan omnidirectional yang mencakup hanya 100-150 meter (300-500 ft). Dengan memfokuskan sinyal ke sebuah balok sempit dengan antena Yagi itu justru bisa beroperasi dengan handal lebih dari jarak bermil-mil. Pedesaan Wireless-ISP instalasi biasanya tidak komersial di alam. Saat ini ada sejumlah perusahaan yang menyediakan layanan ini.

T-1/DS-1
T-1/DS-1 adalah satu jenis hubungan yang memungkinkan bagi pelanggan di pedesaan yang menginginkan kecepatan jalur lebar, tetapi biayanya sangat tinggi tergantung jarak ke penyedia. Ini adalah layanan yang diatur sangat tradisional ditujukan untuk bisnis, yang dikelola melalui Komisi Pelayanan Publik di setiap negara, harus sepenuhnya didefinisikan dalam PSC dokumen tarif, dan memiliki manajemen aturan dating kembali ke awal 1980-an yang masih mengacu pada teletypes sebagai potensi koneksi perangkat.

Wired Ethernet
Jika tersedia, metode koneksi broadband ke Internet akan menunjukkan bahwa akses internet sangat cepat. Ethernet akses mungkin sepenuhnya tersedia untuk jaringan di kampus, tapi lebar pita akses internet mungkin lebih mendekati 4xT-1 data rate (6 Mbit / s). Jika Anda berbagi koneksi broadband dengan orang lain dalam sebuah bangunan, bandwidth akses leased line ke dalam gedung tentunya menggunakan data tingkat akhir. Keuntungan utama adalah bahwa tidak ada perangkat keras khusus diperlukan untuk Ethernet.

broadband Pedesaan
Salah satu tantangan besar broadband adalah untuk menyediakan layanan kepada pelanggan potensial di daerah-daerah yang rendah kepadatan penduduk, seperti untuk petani, peternak, dan kota kecil. Di kota-kota di mana kepadatan penduduk tinggi, mudah bagi penyedia layanan untuk menutup biaya tetap, tetapi masing-masing pelanggan pedesaan mungkin membutuhkan peralatan mahal untuk bisa terhubung. Beberapa solusi broadband pedesaan ada, meskipun masing-masing memiliki perangkap sendiri dan keterbatasan. Wireless Internet Service Provider dengan cepat menjadi pilihan broadband yang populer untuk daerah pedesaan.

Seluler broadband
Ponsel menara sangat luas ke jaringan selular generasi ketiga ( 3G jaringan) mereka dapat mendukung data yang cepat menggunakan teknologi seperti EVDO, HSDPA dan UMTS. Ini dapat memberikan akses broadband ke Internet, dengan telepon seluler, dengan Cardbus, ExpressCard, atau USB modem selular, atau dengan seluler router broadband, yang memungkinkan lebih dari satu komputer harus terhubung ke Internet dengan menggunakan satu sambungan seluler.

line Internet Power
Ini adalah layanan baru masih dalam masa pertumbuhan yang pada akhirnya dapat mengizinkan data internet broadband untuk melakukan perjalanan ke standar tegangan tinggi tiang listrik. Namun, sistem memiliki sejumlah masalah yang kompleks, yang utama adalah bahwa saluran listrik pada lingkungan yang sangat bising. Broadband melalui saluran listrik (BPL), juga dikenal sebagai garis komunikasi Power, berkembang lebih cepat di Eropa dibanding di AS karena perbedaan historis dalam filosofi desain sistem tenaga listrik.

Broadband di seluruh dunia
Untuk mempromosikan pembangunan ekonomi dan pengurangan kesenjangan digital, rencana broadband nasional dari seluruh dunia mempromosikan ketersediaan universal dari konektivitas broadband terjangkau.

aplikasi Broadband
  • Broadband telepon
  • Broadband radio
  • Daftar negara oleh pengguna broadband