Minggu, 17 Oktober 2010

Jaringan Komputer Lanjut


Dalam menghadapi era global dan memasuki pasar bebas di dunia internasional, teknologi komputer memegang peranan yang sangat penting dalam melakukan hubungan komunikasi melalui jaringan internet dan intranet secara efisien dan optimal. Dalam kenyataannya dunia pendidikan sebagai penyaji sumber daya manusia belum banyak yang mengetahui bagaimana sistem teknologi informasi dan komunikasi tersebut secara global dan menyeluruh.Dalam dunia pendidikan, video digunakan secara luas dalam sistem multimedia. Videoconferencing memungkinkan kita untuk mengadakan konfrensi jarak jauh secara visual, sehingga para peserta seolah-oleh bertemu langsung dalam suatu konferensi. Video juga merupakan komponen penting dalam distance learning, suatu metode pengajaran yang tidak lagi terikat oleh ruang.Dalam upaya memenuhi kebutuhan peralatan dan mensosialisasikan peralatan teknologi tersebut kepada masyarakat khsusnya pelajar yang kesulitan memiliki peralatan LCD proyektor, kiranya perlu diciptakan media yang paling efektif untuk memanfaatkan modul-modul yang berbasis multimedia khususnya video. Intranet video yang dikembangkan dalam bentuk sistem video/modul on demand dapat dimanfaatkan oleh masyarakat khususnya SMA yang belum mempunyai peralatan LCD proyektor sebagai penunjang proese pembelajaran di sekolah. Dengan strategi ini diharapkan pengetahuan dan teknologi informasi dan komunikasi dibeberapa sekolah/masyarakat umumnya dapat terpenuhi

Media Streaming

·           Streaming media merupakan suatu sistem yang terdiri dari komponen – komponen yang saling mendukung. Sebuah teknlogi yang dapat memungkinkan kita mengirim data audio, video dan multimedia secara real-time atau online melalui Internet.

·           Media streaming merupakan pengiriman media digital (berupa video, suara dan data) agar bisa diterima secara terus-menerus (stream). Data tersebut dikirim dari sebuah server aplikasi dan diterima serta ditampilkan secara real-time oleh aplikasi pada komputer klien Streaming suara sering juga disebut sebagai streaming media.

Teknologi ini merupakan pengembangan dari teknologi MPEG (Moving Picture Experts Group) yang diakui oleh ISO (International Standard Organization). Teknik kompresi suara menggunakan istilah coding dan decoding. Proses coding dilakukan pada sisi server (coder) sedangkan proses decoding dilakukan oleh klien (decoder). Proses coding dilakukan server untuk mengkompresi data sebelum dikirimkan ke klien melalui Internet, dan decoding dilakukan oleh klien untuk ditampilkan data tanpa kompresi. Proses kompresi dan dekompresi oleh coder dan decoder ini sering disingkat menjadi codec. Proses codec bisa dilakukan menggunakan algoritma standar MPEG.

Format Streaming

Ada tiga jenis format streaming yang banyak digunakan dalam situs-situs Internet:
·           Format Real Media (.rm/.ra/.ram)
·           Windows Media (.asf/.wmf/.asx)
·           QuickTime (.mov).

Komponen-komponen Dalam Streaming Media

·           Media source, yaitu sumber yang akan menampilkan suatu konten presentasi.
·           Media source dapat berupa sumber yang sifatnya live atau secara langsung, seperti kamera video atau microphone.

Multimadia streaming

Streaming multimedia adalah suatu teknologi yang mampu mengirimkan file audio dan video digital secara real time atau online pada jaringan komputer
·           Streaming dapat dilakukan pada bandwith dengan kecepatan rendah
·           Web master tidak perlu risau dengan bandwith
·           Web master tidak dibatasi oleh besar file
·           Hanya dapat dilihat pada saat online
·           Kualitas gambar jelek

Kendala-kendala yang dapat terjadi dalam melakukan streaming multimedia

·           Bandwidth : Bandwidth sangat berpengaruh terhadap kualitas presentasi suatu data stream. Di samping kondisi jaringan juga mempengaruhi bandwidth, hal yang perlu diperhatikan adalah ukuran data stream harus sesuai dengan kapasitas bandwidth jaringan. Untuk mengatasinya digunakan kompresi data dan penggunaan buffer.

·           Sinkronisasi dan delay : Agar media yang berbeda sampai dan dipresentasikan pada user seperti aslinya, maka media tersebut harus tersinkronisasikan sesuai dengan timeline presentasi tersebut dan delay seminimal mungkin. Adanya kerugian sinkronisasi dan delay dapat disebabkan oleh kondisi jaringan yang buruk, sehingga mengakibatkan timeline presentasi menjadi kacau.

Karakteristik Multimedia Data

·           Voluminous
·           Membutuhkan data rate tinggi dan berukuran besar
·           Real-time and Interactive
·           Membutuhkan low delay
·           Membutuhkan sinkronisasi dan interaktif


Tidak ada komentar:

Posting Komentar